RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 4 Kota Jambi
Mata pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/ 1
Materi Pokok : Gerak Parabola
Alokasi Waktu :2 Pertemuan
A.
Kompetensi
Inti
Kompetensi sikap:
KI1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3: Memahami,menerapkan, menganalisis
dan mengevaluasi
pengetahuan faktual,konseptual,
prosedural,dan metakognitif
berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,budaya,dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan,kebangsaan,
kenegaraan,dan
peradaban terkait
penyebabfenomena dan
kejadian,
serta menerapkan
pengetahuan prosedural
padabidang kajianyang spesifik sesuai
denganbakat
dan minatnyauntuk memecahkan
masalah
KI4: Mengolah,menalar,menyaji,dan
menciptadalamranah
konkret dan
ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinyadi
sekolah
secara mandiri
sertabertindak secara
efektifdan
kreatif,danmampu menggunakan metodasesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DARI KI 3
|
KOMPETENSI DASAR DARI KI 4
|
3.5.Menganalisis gerak parabola dengan
menggunakan vektor berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.5.Mempresentasikan data hasil
percobaan gerak parabola dan makna fisisnya
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.5.2
Menentukan posisi benda pada gerak parabola
3.5.3
Menentukan kecepatan benda pada gerak parabola
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.5.1 Mempresentasikan
hasil diskusi data percobaan gerak parabola
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
model pembelajaran discovery learning peserta
didik dapat mengidentifikasi gerak parabola, menentukan posisi benda
pada gerak parabola,menentukan
kecepatan benda pada gerak parabola, menentukan
titik maksumum benda pada gerak parabola, menentukan
jarak terjauh benda pada gerak parabola, menganalisis
benda pada gerak parabola, menentukan
waktu gerak parabola, empresentasikan
hasil diskusi data percobaan gerak parabola dengan memiliki sikap ingin tahu, teliti
dalam melakukan pengamatan dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik.
D.
Materi Pembelajaran
Fakta
1. gerak bola
basket, bola volley, permainan sepak bola
Gerak bola basket Gerak bola volly Gerak sepak bola
Konsep
Perpaduan gerak GLB pada sb x dan
GLBB pada sb y
Prinsip
Prosedur
Percobaan
gerak parabola
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan :
saintifik
Metode :diskusi
kelompok, tanya jawab, dan penugasan
Model : Discovery learning
F. Media Pembelajaran
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan
Tulis/White Board, Power Point, alat Lab
G. Sumber Belajar
·
Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli – 6th
ed. Pearson Prentice Hall
·
FISIKA SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
·
Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·
Internet.
·
Buku/
sumber lain yang relevan.
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (3
×45 menit)
IPK
:
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.5.1
Mengidentifikasi gerak parabola
3.5.2
Menentukan posisi benda pada gerak parabola
3.5.3
Menentukan kecepatan benda pada gerak parabola
3.5.4
Menentukan titik maksumum benda pada gerak parabola.
|
4.5.1 Mempresentasikan
hasil diskusi data percobaan gerak parabola
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Keterangan
|
Pendahuluan (10
menit)
1.
Memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai;
2.
Mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan;
3.
Melalui
tanya jawab membahas
tentang gerak parabola yang ada dalam kehidupan sehari-hari;
4.
Merekam (memperhatikan dan menulis ungkapan yang
dikemukakan peserta didik di papan tulis), memberikan sedikit ulasan;
5.
Menyampaikan
kompetensi dan tujuan yang
akan dicapai berkaitan gerak parabola
6.
Menyampaikan
garis besar cakupan materi gerak parabola kegiatan yang akan dilakukan;
7.
Menyampaikan
metode pembelajaran dan
teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi konsep gerak
parabola
|
Terlaksana / tidak
|
Kegiatan Inti
(70 menit)
Stimulation
(memberi stimulus)
1.
Peserta didik
memperhatikan dan mengamati
gerakan parabola benda dalam kehidupan sehari-hari, yaitu : anak menendang
bola yang disajikankan lewat tayangan gambar atau video.
“Bagaimana gerakan
bola yang sedang ditendang tersebut?”
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
2.
Perserta didik membagi diri dalam beberapa kelompok
(penentuan kelompok ditetapkan oleh guru). Tiap kelompok terdiri 4–5 orang.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................
3.
Dibagikan bahan LKS dan bacaan tambahan dan disamping
buku-buku yang telah dimiliki peserta didik untuk bahan diskusi perserta
didik
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk mengidentifikasi gerak
parabola, menentukan posisi gerak parabola, kecepatan gerak parabola .Peserta didik diminta mengemukakan sebanyak mungkin pertanyaan
yang berkaitan dengan hasil pengamatannya contoh pertanyaan:
-
Bagaimana terjadinya gerak parabola?
-
Bagaimana menentukan posisi benda pada gerak parabola ?
-
Bagaimana menentukan kecepatan gerak parabola?
-
Bagaimana menentukan titik tertinggi pada gerak parabola?
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
Data Collecting (mengumpulkan
data);
6.
Peserta
didik mencari dan mengumpulkan data dari hasil diskusi maupun dari tayangan presentasi
tentang:
a.
Konsep gerak parabola
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................
7.
Peserta didik
terlibat aktif dalam diskusi dan mengkaji peristiwa-peristiwa
yang disajikan kemudian menyelesaikan masalah yang ada, peserta didik termotivasi untuk berdiskusi
dalam menggali informasi dari berbagai sumber maupun hand-out yang telah dibagikan.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................
8.
Peserta didik termotivasi untuk berdiskusi tentang konsep gerak
parabola
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................
9.
Peserta didik menuliskan
hasil pekerjaanya (untuk masing-masing peserta didik) dan hasil
diskusi kelompok pada kertas buku tulisnya dengan kreativitas masing-masing.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
Data
Processing (mengolah data);
10. Peserta didik menuliskan hasil diskusi pada lembar aktivitas siswa
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................................
11. Guru memantau jalannya diskusi
dan membimbing peserta didik untuk mempresentasikan hasil
diskusinya.
Strategi :
............................................................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................................................
12.
Masing-masing kelompok
untuk mempresentasikan dengan menuliskan hasil kerja kelompok di
papan
tulis ruang belajar.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
Verification (memverifikasi);
13. Hasil-hasil kerja kelompok yang telah
ditulis dipapan
tulis untuk digunakan sebagai bahan pada langkah berikutnya.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
|
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Keterangan
|
14. Perwakilan kelompok memperhatikan sajian/paparan serta
menilai hasil karya dari kelompok lain
yang telah dituliskan di papan
tulis,mencermatinya
dan membandingkan dengan hasil dari kelompoknya sendiri kemudian mendiskusikan kembali pada kelompok masing-masing.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................
15.
Perwakilan kelompok untuk memberikan tanggapan dengan mengajukan
pertanyaan,meminta konfirmasi ataupun
memberikan masukkan terhadap kelompok lainnya.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................
16. Guru mencatat hal-hal yang menyimpang atau tumpang tindih
atau “unik” antara kelompok yang satu
dengan yang lain.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................
17.
Guru menilai keaktifan peserta didik (individu dan kelompok) dalam kelas saat berdiskusi, merancang/melakukan penyelidikan sederhana maupun presentasi berlangsung.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................
Generalization (menyimpulkan);
18. Peserta didik mengkaji ulang dan menyimpulkan hasil diskusi dalam
kelompok tentang konsep gerak parabola
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................
19. Guru memberikan penguatan dengan
memberikan penjelasan pada materi baru dan berbeda pada tiap kelompok.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................
Penutup
(10
menit)
20. Memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan tentang konsep
pengukuran dengan alat ukur panjang dan massa dengan menggunakan aturan angka
penting melalui review
indikator yang hendak dicapai pada hari itu.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
21. Memberikan tugas kepada peserta didik, dan
mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas
dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi
akhir di pertemuan berikutnya (kegiatan ini dilakukan di pertemuan ke-1).
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
22. Melakukan
penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian
indikator (kegiatan ini dilakukan di pertemuan ke-2).
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
|
Terlaksana / tidak
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Keterangan
|
23. Melakukan refleksi atau umpan balik
untuk memberikan penguatan kepada peserta didik.
Strategi :
..............................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................
24. Memberi
salam.
|
I.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian:
a. Penilaian
Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal
b.
Penilaian Pengetahuan :
Tes
Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan :
Unjuk Kerja/ Praktik
2. Bentuk Penilaian :
a. Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja : lembar
penilaian presentasi
d. Portofolio : penilaian
laporan
3. Instrumen Penilaian
(terlampir)
4. Remedial
a.
Pembelajaran
remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
c.
Tes
remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
5. Pengayaan
a.
Bagi
peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
-
Siwa
yang mencapai nilai
diberikan
materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
-
Siwa
yang mencapai nilai
diberikan
materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui,
KepalaSekolah SMA Negeri 4 Kota Jambi
Syakir Daulay
NIP:
999000000000001
|
Surabaya, 13 Mei 2018
Guru Mata Pelajaran Fisika
Rasta Fanny
NIM. A1C316044
|
PENILAIAN KOGNITIF
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester/Tahun : XI MIA/1/2018
Sub Materi : Gerak Parabola
No.
|
Nama
|
Nilai
|
PENILAIAN
SIKAP
(OBSERVASI)
Mata Pelakajaran : Fisika
Kelas/Semester/Tahun :XI MIA/1/2018
Sub Materi : Gerak Parabola
Keterangan:
1. Rasa ingin tahu
2. Kritis
3. Bekerjasama
4. Jujur
5. kagum
No.
|
Nama siswa
|
Skor untuk sikap
|
Jlh Skor
|
Nilai
|
pred
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
Rubrik Penilaian Sikap
Aspek
|
Skor
|
Indikator
|
Rasa
Ingin Tahu
|
4
|
Selalu
bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber.
|
3
|
Sering
bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber.
|
|
2
|
Kadang-kadang
bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber.
|
|
1
|
Tidak
pernah bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber.
|
|
Bekerjasama
|
4
|
Selalu
bekerjasama dengan teman kelompok
|
3
|
Sering
bekerjasama dengan teman kelompok
|
|
2
|
Kadang-kadang
bekerjasama dengan teman kelompok
|
|
1
|
Tidak
pernah bekerjasama dengan teman kelompok
|
|
Jujur
|
4
|
Selalu
menyajikan/mengasosiasikan/menyimpulkan data/informasi dengan jujur.
|
3
|
Sering
menyajikan/mengasosiasikan/menyimpulkan data/informasi dengan jujur.
|
|
2
|
Kadang-kadang
menyajikan/mengasosiasikan/menyimpulkan data/informasi dengan jujur.
|
|
1
|
Tidak
pernah menyajikan/mengasosiasikan/menyimpulkan data/informasi dengan jujur.
|
|
Kritis
|
4
|
Selalu kritis dalam mengasosiasi/menganalisis data
dan menanggapi pertanyaan/permasalahan.
|
3
|
Sering kritis dalam mengasosiasi/menganalisis data
dan menanggapi pertanyaan/permasalahan.
|
|
2
|
Kadang-kadang kritis dalam
mengasosiasi/menganalisis data dan menanggapi pertanyaan/permasalahan.
|
|
1
|
Tidak pernah kritis dalam mengasosiasi/menganalisis
data dan menanggapi pertanyaan/permasalahan.
|
|
Kagum akan kebesaran tuhan
|
4
|
Selalu kagum akan kebesaran Tuhan yang menciptakan
alam semesta, khususnya fenomena alam yang berkaitan dengan gaya gravitasi.
|
3
|
Sering kagum akan kebesaran Tuhan yang menciptakan
alam semesta, khususnya fenomena alam yang berkaitan dengan gaya gravitasi.
|
|
2
|
Kadang-kadang kagum akan kebesaran Tuhan yang
menciptakan alam semesta, khususnya fenomena alam yang berkaitan dengan gaya
gravitasi.
|
|
1
|
Tidak pernah kagum akan kebesaran Tuhan yang
menciptakan alam semesta, khususnya fenomena alam yang berkaitan dengan gaya
gravitasi.
|
Keterangan:
1.
skor maksimal =4x5 =20
2.
3.
Nilai sika dikualifikasikan menjadi
predikat sebagai berikut:
SB =Sangat Baik =80-100
B
= Baik = 70-79
C
= Cukup = 60-69
K = Kurang =<6
PENILAIAN
KETERAMPILAN
(OBSERVASI)
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester/Tahun : XI MIA/1/2018
Sub
Materi : Gerak
Parabola
No.
|
Nama
Siswa
|
Kinerja
presentasi/bertanya/menanggapi
|
Jlh
Skor
|
Nilai
|
Predikat
|
|
Visualisasi
|
Konten
|
|||||
Rubrik
Peniliain Keterampilan Presentasi
Aspek
|
Skor
|
Indikator
|
Visualisasi
|
4
|
Presentasi/bertanya/menanggapi
dengan bahasa yang jelas dan lancar serta menggunakan gestur
|
3
|
Presentasi/bertanya/menanggapi
dengan bahasa yang jelas dan lancar tanpa menggunakan gestur
|
|
2
|
Presentasi/bertanya/menanggapi
dengan bahasa yang tidak jelas dan lancar serta menggunakan gestur
|
|
1
|
Presentasi/bertanya/menanggapi
dengan bahasa yang tidak jelas dan lancar serta tidak menggunakan gestur
|
|
Konten
|
4
|
Tepat,
jelas, dan lengkap
|
3
|
Tepat,
jelas, dan tidak lengkap
|
|
2
|
Tepat,
tidak jelas, dan tidak lengkap
|
|
1
|
Salah,
tidak jelas, dan tidak lengkap
|
Keterangan:
1.
Skor maksimal = 2x4 =8
2.
3.
Nilai keterampilan dikualifikasikan
menjadi predikat sebagai berikut
SB
= Sangat Baik =80-100
B =
Baik = 70-79
C =
Cukup = 60-69
K =
Kurang =<60
Komentar
Posting Komentar