Langsung ke konten utama

Review Jurnal PTK 1: Upaya meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa


Nama Jurnal     : Jurnal inovasi dan Pembelajkran Fisika
Penulis              : Wahid Gunarto, Nurul Hidayah
Vol/tahun          : Vol. 1 No. 1/ Mei 2018
Nama Paper  : Upaya meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa pada materi pembelajaran alat-alat optik melalui pendekatan sains teknologi masyarakat di kelas VIII SMPN 3 Belitang Madang Raya.

Isi jurnal          :

  • ·         Topik

Upaya meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa pada materi pembelajaran alat-alat optik melalui pendekatan sains teknologi masyarakat.

  • ·         Permasalahan

Banyak siswa kelas VIII semester genap yang nilainya belum mencapai KKM dan rendahnya minat siswa terhadap pelajaran IPA Fisika.

  • ·         Variabel

Variabel bebas pada penelitian ini adalah minat belajar dan prestasi belajar siswa, sedangkan variabel terikat adalah pendekatan sains teknologi masyarakat (STM).

  • ·         Sampel

Jumlah subjek penelitian 24 orang siswa dengan rincian 14 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laku-laki.

  • ·         Pengumpulan data

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, pengamatan (observasi) dan tes.

  • ·         Analisis data

Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dengan rincian analisis data angket menggunakan skala likert, data observasi dengan menggunakan tabulasi prosentase, dan data tes dengan menggunakan persentase ketercapaian KKM.

  • ·         Hasil
No.
Uraian
Pra Siklus
Siklus I
Siklus II
Peningkatan tiap siklus
1.
Jumlah Skor
489
497
504
8
7
2.
Keberhasilan
67,91%
69,28%
70%
1, 37%
0,8%

Minat belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan pendekatan STM pada pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini juga terlihat saat proses pembelajaran, siswa mulai memahami materi pembelajaran dengan pendekatan STM. Berdasarkan pengamatan dan analisis data peningkatan minat belajar telah tercapai walaupun tidak terlalu signifikan. Aktivitas siswa mengalami peningkatan karena sudah mulai memahami pembelajaran dengan pendekatan STM. Guru selalu menjelaskan kembali bagaimana guru harus tetap memotivasi dan membimbing siswa selama mengikuti pembelajaran.

  • ·         Kesimupulan

Pendekatan STM dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas VIII  SMP Negeri 3 Belitang Madang Raya pada materi pembelajaran alat-alat optik tahun pembelajaran 2011/2012.

  • ·         Sitasi

Gunarto, Wahid dan Nurul Hidayah. 2014. Upaya meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa pada materi pembelajaran alat-alat optik melalui pendekatan sains teknologi masyarakat di Kelas VIII SMPN 3 Belitang Madang Raya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika Vol. 1. No.1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUPOKSI Laboran dan Teknisi

Berikut adalah tugas pokok dan fungsi kepala laboratorium, laboran dan teknisi. Tugas-tugas ini berdasarkan lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2008 tanggal 11 Juni 2008  TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA LABORATORIUM FUNGSI TUGAS 1.      Merencanakan kegiatan dan pengembangan laboratorium a.       Menyusun rencana pengembangan laboratorium b.      Merencanakan pengelolaan laboratorium c.       Mengembangkan sistem administrasi laboratorium d.      Menyusun Prosedue Operasi Standar (POS) kerja laboratorium 2.      Mengelola kegiatan laboratorium a.       Mengkoordinasikan kegiatan praktikum b.      Menyusub jadwal kegiatan laboratorium c.       Memantau ...

Simbol Keselamatan Kerja

Gambar diatas adalah simbol-simbol yang umumnya ada di laboratorium. Simbol ini harus diperhatikan dan dipahami supaya Anda mengetahui bahaya yang ada pada suatu benda atau zat kimia. Berikut adalah penjelasan simbol-simbol tersebut. Animal hazard adalah bahaya yang berasal dari hewan. Mungkin saja hewan itu beracun karena telah disuntik bermacam-macam zat hasil eksperimen atau dapat menggigit dan mencakar Anda. Sharp instrument hazard adalah bahaya yang berasal dari benda-benda yang tajam. Benda itu jika tidak digunakan dengan benar maka dapat melukai Anda. Heat hazard adalah bahaya yang berasal dari benda yang panas. Tangan Anda akan kepanasan jika menyentuh benda tersebut dalam keadaan aktif atau menyala. Glassware hazard adalah bahaya yang berasal dari benda yang mudah pecah. BIasanya berupa gelas kimia. Chemical hazard adalah bahaya yang berasal dari bahan kimia. Bisa saja bahan kimia itu dapat membuat kulit kita gatal dan iritasi. Elect...