
Program Tahunan
Satuan
Pendidikan :
Kelas : X
Mata
Pelajaran :
Fisika
Kompetensi
Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Semester
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
I
|
3.1 Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan,
ketelitian, dan aturan angka penting)
4.1
Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan
dan teknik yang tepat untuk suatu penyelidikan ilmiah
|
Unit 1
Pengukuran
dan Besaran
A. Pengukuran
B. Angka Penting
C.
Pengolahan dan Penyajian Data
D.
Besaran, Satuan, dan Dimensi
E.
Ukuran Berbagai Objek Alam
|
15* JP
(15 × 45 menit)
|
3.3 Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan
konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
4.3 Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat
gerak benda yang bergerak lurus dengan
kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
|
Unit 2
Gerak
Lurus
A.
Perpindahan dan Jarak
B.
Kecepatan dan Kelajuan
C.
Gerak Lurus Beraturan
D.
Percepatan dan Besar Percepatan
E.
Gerak Lurus Berubah Beraturan
|
12* JP
(12 × 45 menit)
|
|
3.5 Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan
dan penerapannya dalam teknologi
4.5 Menyajikan ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan
roda-roda)
|
Unit 3
Gerak
Melingkar
A.
Gerak Melingkar Beraturan
B.
Percepatan Sentripetal
C.
Gerak Melingkar Berubah Beraturan
|
9* JP
(9 × 45 menit)
|
|
3.4 Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak
lurus
4.4 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya,
massa, dan percepatan dalam gerak lurus
|
Unit 4
Dinamika
Gerak
A.
Hukum-Hukum Newton tentang Gerak
B.
Jenis-Jenis Gaya
C.
Penerapan Hukum Newton
|
9* JP
(9 × 45 menit)
|
|
3.2
Menerapkan prinsip penjumlahan
vektor (dengan pendekatan geometri)
4.2
Merencanakan dan melaksanakan percobaan
untuk menentukan resultan vektor
|
Vektor
(Materi Pengayaan)
A. Notasi Vektor
B. Penjumlahan dan Pengurangan Vektor
C. Penguraian Vektor
D. Vektor Satuan
E. Perkalian Vektor
|
6 JP
(6 × 45 menit)
|
|
II
|
3.6 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
4.6 Mengolah dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas
suatu bahan
|
Unit 5
Elastisitas dan Getaran
A. Sifat Elastisitas Bahan
B. Gerak Harmonik
C. Gaya Pemulih pada Benda Elastis
|
9* JP
(9 × 45 menit)
|
3.7 Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat
fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan
|
Unit 6
Fluida Statis
|
9* JP
(9 × 45 menit)
|
|
3.8 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari
4.8 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki
karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas dan konduktivitas kalor
|
Unit 7
Zat
dan Kalor
A. Pengaruh Zat terhadap Kalor
B. Kesetaraan Kalor
C. Pemuaian Zat
D. Perpindahan Kalor
|
12* JP
(12 × 45 menit)
|
|
3.9 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan
pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
4.9 Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip
pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa
|
Unit
8
Cahaya dan Alat Optik
A. Hakikat Cahaya
B. Sifat-Sifat Cahaya
C. Alat-Alat Optik
|
15* JP
(15 × 45 menit)
|
|
Jumlah Alokasi Waktu Belajar
|
96
JP
1 JP = 45 menit
|
Keterangan:
* :
Ulangan Harian
Mengetahui
Kepala
SMAN.....,
NIP.
|
Surabaya,
................
Guru
Fisika,
NIP.
|
Komentar
Posting Komentar