Langsung ke konten utama

Contoh Program Tahunan Mapel Fisika

Hasil gambar untuk school
Program Tahunan

Satuan Pendidikan       :
Kelas                           : X
Mata Pelajaran             : Fisika
Kompetensi Inti                       :

1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Semester
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
I
3.1     Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan  aturan angka penting)
4.1   Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk suatu penyelidikan ilmiah

Unit 1
Pengukuran dan Besaran
A. Pengukuran
B. Angka Penting
C. Pengolahan dan Penyajian Data
D. Besaran, Satuan, dan Dimensi
E. Ukuran Berbagai Objek Alam
15* JP
(15 × 45 menit)
3.3     Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
4.3     Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus  dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan


Unit 2
Gerak Lurus
A. Perpindahan dan Jarak
B. Kecepatan dan Kelajuan
C. Gerak Lurus Beraturan
D. Percepatan dan Besar Percepatan
E. Gerak Lurus Berubah Beraturan
12* JP
(12 × 45 menit)
3.5     Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi
4.5     Menyajikan ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda)
Unit 3
Gerak Melingkar
A. Gerak Melingkar Beraturan
B. Percepatan Sentripetal
C. Gerak Melingkar Berubah Beraturan

9* JP
(9 × 45 menit)
3.4     Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus
4.4     Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus

Unit 4
Dinamika Gerak
A. Hukum-Hukum Newton tentang Gerak
B. Jenis-Jenis Gaya
C. Penerapan Hukum Newton
9* JP
(9 × 45 menit)
3.2     Menerapkan prinsip penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri)
4.2     Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan vektor

Vektor (Materi Pengayaan)
A. Notasi Vektor
B. Penjumlahan dan Pengurangan Vektor
C. Penguraian Vektor
D. Vektor Satuan
E.  Perkalian Vektor
6 JP
(6 × 45 menit)
II
3.6     Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
4.6     Mengolah dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan
Unit 5
Elastisitas dan Getaran
A. Sifat Elastisitas Bahan
B. Gerak Harmonik
C. Gaya Pemulih pada Benda Elastis
9* JP
(9 × 45 menit)
3.7     Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
4.7     Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan
Unit 6
Fluida Statis

9* JP
(9 × 45 menit)
3.8     Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari
4.8     Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas dan konduktivitas kalor


Unit 7
Zat dan Kalor
A. Pengaruh Zat terhadap Kalor
B. Kesetaraan Kalor
C. Pemuaian Zat
D. Perpindahan Kalor
12* JP
(12 × 45 menit)
3.9     Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
4.9     Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa

Unit 8
Cahaya dan Alat Optik
A. Hakikat Cahaya
B. Sifat-Sifat Cahaya
C. Alat-Alat Optik
15* JP
(15 × 45 menit)
Jumlah Alokasi Waktu Belajar
96 JP
1 JP = 45 menit

Keterangan:
 *         : Ulangan Harian

                                   
Mengetahui
Kepala SMAN.....,






NIP.
Surabaya, ................
Guru Fisika,






NIP.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Simbol Keselamatan Kerja

Gambar diatas adalah simbol-simbol yang umumnya ada di laboratorium. Simbol ini harus diperhatikan dan dipahami supaya Anda mengetahui bahaya yang ada pada suatu benda atau zat kimia. Berikut adalah penjelasan simbol-simbol tersebut. Animal hazard adalah bahaya yang berasal dari hewan. Mungkin saja hewan itu beracun karena telah disuntik bermacam-macam zat hasil eksperimen atau dapat menggigit dan mencakar Anda. Sharp instrument hazard adalah bahaya yang berasal dari benda-benda yang tajam. Benda itu jika tidak digunakan dengan benar maka dapat melukai Anda. Heat hazard adalah bahaya yang berasal dari benda yang panas. Tangan Anda akan kepanasan jika menyentuh benda tersebut dalam keadaan aktif atau menyala. Glassware hazard adalah bahaya yang berasal dari benda yang mudah pecah. BIasanya berupa gelas kimia. Chemical hazard adalah bahaya yang berasal dari bahan kimia. Bisa saja bahan kimia itu dapat membuat kulit kita gatal dan iritasi. Elect...

Cara membuat Galvanometer Sederhana

Laporan   Alat-alat Ukur Galvanometer                                     Kelompok        :                                     Anggota           : Arni Alawiyah           (A1C316057)                                                    ...

TUPOKSI Laboran dan Teknisi

Berikut adalah tugas pokok dan fungsi kepala laboratorium, laboran dan teknisi. Tugas-tugas ini berdasarkan lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2008 tanggal 11 Juni 2008  TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA LABORATORIUM FUNGSI TUGAS 1.      Merencanakan kegiatan dan pengembangan laboratorium a.       Menyusun rencana pengembangan laboratorium b.      Merencanakan pengelolaan laboratorium c.       Mengembangkan sistem administrasi laboratorium d.      Menyusun Prosedue Operasi Standar (POS) kerja laboratorium 2.      Mengelola kegiatan laboratorium a.       Mengkoordinasikan kegiatan praktikum b.      Menyusub jadwal kegiatan laboratorium c.       Memantau ...