RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMAN 4 Kota Jambi
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI MIA/Satu
Tahun Pelajaran :2018/2019
Materi Pokok : Hukum Newton Tentang Gravitasi
Sub Materi : Gaya Gravitasi Antar Partikel
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri kepada cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui
pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.
Indikator
:
1.1.1
Menunjukkan kekaguman akan kebesaran
Tuhan yang menciptakan alam semesta khususnya yang terkait dengan penerapan
gaya pada gerak peredaran satelit.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hati sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi/
Indikator:
2.1.1
Menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan
jujur dalam mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang gaya gravitasi dan
penerapannya pada gerak peredaran satelit.
2.1.2
Menunjukkan sikap kritis dan bekerjasama
dalam melakukan diskusi kelompok.
3.2 Mengevaluasi
pemikiran dirinya terhadap keteraturan gerak planet dalam tata surya
berdasarkan hukum-hukum Newton
Indikator:
3.2.1
Menyebutkan bunyi Hukum Gravitasi Newton
3.2.2
Menganalisis hubungan massa partikel,
jarak antar partikel, dan konstanta gravitasi umum terhadap besarnya gaya
gravitasi.
3.2.3
Menghitung besar resultan fan arah gaya
gravitasi pada sistem partikel.
3.2.4
Menganalisis penerapan gaya gravitasi
Newton pada gerak peredaran satelit.
4.2 Menyajikan
data dan informasi tentang satelit buatan yang mengorbit bumi dan permasalahan
yang ditimbulkannya
Indikator:
4.2.1
Mengumpulkan data, menganalisis data,
menyajikan data dalam bentuk grafik, dan menyimpulkan hasil praktikum virtual
gaya gravitasi.
4.2.2
Mempresentasikan laporan kelompok gaya
gravitasi berdasarkan analisis data pada praktikum virtual.
4.2.3
Menyusun laporan kelompok tentang
satelit buatan yang mengorbit bumi dan permasalahan yang ditimbulkannya.
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.1.1
Melalui praktikum virtual, siswa mampu
menunjukkan kekaguman akan kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta,
khususnya yang terkait dengan penerapan gaya gravitasi pada gerak peredaran
satelit.
2.1.1
Melalui praktikum virtual, studi pustaka
dan diskusi kelompok, siswa mampu menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan jujur
dalam mengumpulkan informasi tentang gaya gravitasi dan penerapannya pada gerak
peredaran satelit.
2.1.2
Melalui praktikum virtual dan diskusi
kelompok, siswa mampu menunjukkan sikap kritis dan kerjasama.
3.2.1
Melalui studi pustaka, siswa mampu
menyebutkan bunyi hukum Gravitasi Newton.
3.2.2
Melalui praktikum virtual, studi
pustaka, dan diskusi kelompok, siswa mampu menghitung nilai salah satu variabel
pada rumus gaya gravitasi.
3.2.3
Melalui praktikum virtual, studi pustaka
dan diskusi kelompok, siswa mampu menghitung besar resultan dan arah gaya
gravitasi pada suatu sistem partikel.
3.2.4
Melalui praktikum virtual, studi
pustaka, dan diskusi kelompok, siswa mampu menghitung kelajuan satelit yang
mengorbit bumi.
4.2.1
Melalui praktikum virtual, studi
pustaka, dan diskusi kelompok, siswa mampu menghitung nilai salah satu variabel
pada rumus gaya gravitasi.
4.2.2
Melalui praktikum virtual dan diskusi
kelompok, siswa mampu mempresentasikan laporan kelompok gaya gravitasi
berdasarkan analisis data pada praktikum virtual.
4.2.3
Melalui studi pustaka dan diskusi
kelompok, siswa mampu menyusun laporan kelompok tentang satelit buatan yang
mengorbit bumi dan permasalahan yang ditimbulkannya.
D.
Materi Pembelajaran.
Kategori
|
Materi
Pembelajaran
|
Fakta
|
1. Kelapa
jatuh dari pohonnya
2. Satelit
bergerak mengelilingi planet.
|
Konsep
|
1. Setiap
benda/partikel yang memiliki massa akan menarik partikel/benda bermassa
lainnya dengan gaya yang berbanding lurus dengan hasil kali massa-massa
partikel tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak
partikel-partikel tersebut.
2. Benda
yang bergerak melingkar akan mengalami gaya sentriptal yang berbanding lurus
dengan massa dan kecepatannya serta berbanding terbalik dengan jaraknya ke
pusat lingkaran.
|
Prinsip
|
1. Gaya
Gravitasi Newton
2. Gaya
Sentripetal
3. Kecepatan
gerak satelit
|
Prosedur
|
1. Praktikum
virtual hubungan massa dan jarak antar partikel terhadap besar gaya
gravitasi.
|
E.
Pendekatan/Model/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan
:
Saintifik
2. Model
Pembelajaran : Kooperatif Group Investigation(GI)
3. Metode : Observasi,
diskusi, dan presentasi.
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Powerpoint
2.
Alat dan Bahan : Infocus, Laptop
3.
Sumber Belajar :
·
Kanginan, M. 2004. Fisika untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
·
Siswanto & Sukaryadi. 2009. Kompetensi Fisika. Jakarta : Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
·
Tim Penyusun LKS Kreatif. Fisika SMA/MA Kelas X Semester Gasal. Jawa
Tengah: Viva Pakarindo.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Sintaks
Model GI
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Kompetensi
yang dikembangkan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru dan siswa menyampaikan salam
2.
Guru dan siswa berdoa bersama
3.
Guru melakukan absensi
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
5.
Guru
memberikan apersepsi:
a. Pernahkah kalia mengamati gerak benda
yang dilempar keatas?
b. Apa yang terjadi setelah bola tersebut
mencapai tinggi maksimum?
c. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?
6.
Guru memberikan pengantar tentang
konsep gaya gravitasi secara umum
7.
Guru menayangkan simulasi virtual gaya
gravitasi.
|
Karakter:
Rasa ingin tahu
Pendekatan:
Mengamati
|
10 menit
|
|
Kegiatan Inti
|
Grouping
|
1.
Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok
2.
Siswa mengajukan pertanyaan
berdasarkan simulasi virtual yang ditayangkan guru.
3.
Guru melakukan observasi penilaian
sikap.
|
Karakter:
Rasa ingin tahu
Pendekatan:
Mengamati dan menanya
|
70 Menit
|
Planning
|
1.
Siswa merumuskan hipotesis berdasarkan
pertanyaan yang diajukan.
2.
Siswa merencanakan cara membuktikan/menjawab hipotesis.
3.
Siswa melakukan pembagian tugas untuk
anggota kelompok masing-masing.
4.
Guru melakukan observasi penilaian
sikap.
|
Karakter:
Kritis, bekerja sama
Pendekatan:
Mengasosiasi, mengkomunikasikan
|
||
investigating
|
1.
Siswa mengumpulkan data dari praktikum
virtual gaya gravitasi, menganalisis data, dan membuat simpulan terkait
dengan permasalahan yang diselidiki.
2.
Dalam melakukan analisis data, siswa
saling bertukar informasi hasil studi pustaka, berdiskusi, mengklarifikasi,
dan mempersatukan ide dan pendapat.
3.
Guru melakukan observasi penilaian
sikap.
|
Karakter:
Rasa ingin tahu, kritis,
bekerjasama, jujur
Pendekatan:
Mengamati, mengasosiasi,
menanyakan, mengkomunikasikan, menalar
|
||
Organizing
|
1.
Anggota kelompok menulis laporan,
merencanakan presentasi laporan, penentuan penyaji, moderator, dan notulis
2.
Guru melakukan observasi penilaian
sikap
|
Katakter:
Kritis, jujur, bekerja sama
Pendekatan:
Mengasosiasi, menalar,
mengkomunikasikan.
|
||
Prensting
|
1.
Salah satu kelompok menyajikan hasil
analisis data, sedangkan kelompok lain mengamati, mengevaluasi,
mengklarifikasi, mengajukan pertanyaan atau tanggapan yang relevan dengan
materi yang dipresentasikan.
2.
Guru melakukan observasi penilaian
keterampilan kinerja presentasi
|
Karakter:
Kritis, juju, bekerjasama, rasa ingin tahu
Pendekatan:
Mengasosiasi,
mengkomunikasikan, menanya
|
||
Evaluating
|
1.
Guru dan siswa mengevaluasi
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Siswa merangkum hasil analisis dan
temuan dari kelompoknya dan kelompok lain.
3.
Guru memberikan contoh soal dan
latihan soal pada LKS.
|
Karakter:
Kritis, jujur, bekerjasama
Pendekatan:
Mengasosiasi
|
||
Penutup
|
1.
Memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya apabila ada yang belum dimengerti.
2.
Meminta siswa untuk menyimpulkan
pembelajaran.
3.
Memberikan tugas.
4.
Memberikan salam
|
Karakter
:
Rasa ingin tahu, kritis
Pendekatan:
Menanya dan mengkomunikasikan
|
10 menit.
|
H.
Penilaian
No.
|
Aspek
|
Teknik
|
Waktu
|
1.
|
Sikap
1. Rasa
ingin tahu
2. Bekerja
sama
3. Jujur
dalam mengeksplorasi dan mengasosiasi data
4. Kritis
dalam mengeksplorasi data
5. Mengagumi
kebesaran tuhan
|
Observasi
|
Saat
kegiatan pembelajaran
|
2.
|
Pengetahuan
1. Menyebutkan
bunyi Hukum Gravitasi Newton
2. Menghitung
nilai salah satu variabel pad rumus gaya gravitasi
3. Menghitung
besar resultasn dan arah gaya gravitasi pada suatu sistem partikel
4. Menghitung
kelajuan satelit yang mengorbit bumi.
|
Tes
lisan dan tertulis
|
saat
kegiatan dan tugas
|
3.
|
Keterampilan
1. Mengumpulkan
data, menganalisis data, menyajikan data dalam bentuk grafik, dan
menyimpulkan hasil praktikum virtual gaya gravitasi.
2. Mempresentasikan
laporan kelompok gaya gravitasi berdasarkan analisis data pada praktikum
virtual.
3. Menyusun
laporan tentang satelit buatan yang mengorbit bumi dan permasalahan yang ditimbulkannya
|
Observasi
|
Saat
pembelajaran
|
Jambi,
27 Maret 2019
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Bidang Studi
Drs.
Wirman Rasta
Fanny
NIP.
9998887272 NIM.A1C316044
LEMBAR
KERJA SISWA
Diskusi
Kelompok
Sub Bahasan : Gaya Gravitasi Newton
Alokasi waktu : 30 Menit
Kelas :
XI MIA
Semester :
1
Anggota
Kelompok
1......................................................................................................................
2......................................................................................................................
3.................................................................................................................................
4..........................................................................................................................
5..................................................................................................................................
MASALAH
M1
|
M2
|
Setiap
benda/partikel yang memiliki massa akan saling tarik menarik dengan
partikel/benda bermassa lainnya. Gaya tarik menarik ini disebut dengan Gaya
Gravitasi.
1.
Faktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi besar gaya gravitasi?
Hipotesis:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Bagaimana hubungan
faktor-faktor tersebut terhadap besar gaya gravitasi? (berbanding
lurus/berbanding terbalik) Mengapa?
Hipotesis:
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Apakah gaya tarik pada
benda 1 oleh benda 2 (F12) sama dengan gaya tarik pada benda 2 oleh
benda 1 (F21) ? Mengapa?
Hipotesis:
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
RENCANA
PRAKTIKUM VIRTUAL
1.
Tujuan Praktikum
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Alat dan bahan
praktikum
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Langkah-langkah
praktikum
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.
Data praktikum
No.
|
M1
|
M2
|
r
|
Fg
|
5.
Analisis data
a. Tabel b.
Grafik
6.
Kesimpulan
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PENILAIAN KOGNITIF
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester/Tahun : XI MIA/1/2018
Sub Materi : Gaya Gravitasi
antar Partikel
No.
|
Nama
|
Nilai
|
PENILAIAN
SIKAP
(OBSERVASI)
Mata Pelakajaran : Fisika
Kelas/Semester/Tahun :XI MIA/1/2018
Sub Materi : Gaya Gravitasi
dan Penerapannya
Keterangan:
1.
Rasa
ingin tahu
2.
Kritis
3.
Bekerjasama
4.
Jujur
5.
kagum
No.
|
Nama siswa
|
Skor untuk sikap
|
Jlh Skor
|
Nilai
|
pred
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
Rubrik Penilaian Sikap
Aspek
|
Skor
|
Indikator
|
Rasa
Ingin Tahu
|
4
|
Selalu
bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber.
|
3
|
Sering
bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber.
|
|
2
|
Kadang-kadang
bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber.
|
|
1
|
Tidak
pernah bertanya dan mengeksplorasi informasi dari berbagai sumber.
|
|
Bekerjasama
|
4
|
Selalu
bekerjasama dengan teman kelompok
|
3
|
Sering
bekerjasama dengan teman kelompok
|
|
2
|
Kadang-kadang
bekerjasama dengan teman kelompok
|
|
1
|
Tidak
pernah bekerjasama dengan teman kelompok
|
|
Jujur
|
4
|
Selalu
menyajikan/mengasosiasikan/menyimpulkan data/informasi dengan jujur.
|
3
|
Sering
menyajikan/mengasosiasikan/menyimpulkan data/informasi dengan jujur.
|
|
2
|
Kadang-kadang
menyajikan/mengasosiasikan/menyimpulkan data/informasi dengan jujur.
|
|
1
|
Tidak
pernah menyajikan/mengasosiasikan/menyimpulkan data/informasi dengan jujur.
|
|
Kritis
|
4
|
Selalu kritis dalam mengasosiasi/menganalisis data
dan menanggapi pertanyaan/permasalahan.
|
3
|
Sering kritis dalam mengasosiasi/menganalisis data
dan menanggapi pertanyaan/permasalahan.
|
|
2
|
Kadang-kadang kritis dalam
mengasosiasi/menganalisis data dan menanggapi pertanyaan/permasalahan.
|
|
1
|
Tidak pernah kritis dalam
mengasosiasi/menganalisis data dan menanggapi pertanyaan/permasalahan.
|
|
Kagum akan kebesaran tuhan
|
4
|
Selalu kagum akan kebesaran Tuhan yang menciptakan
alam semesta, khususnya fenomena alam yang berkaitan dengan gaya gravitasi.
|
3
|
Sering kagum akan kebesaran Tuhan yang menciptakan
alam semesta, khususnya fenomena alam yang berkaitan dengan gaya gravitasi.
|
|
2
|
Kadang-kadang kagum akan kebesaran Tuhan yang
menciptakan alam semesta, khususnya fenomena alam yang berkaitan dengan gaya
gravitasi.
|
|
1
|
Tidak pernah kagum akan kebesaran Tuhan yang
menciptakan alam semesta, khususnya fenomena alam yang berkaitan dengan gaya
gravitasi.
|
Keterangan:
1.
skor maksimal =4x5 =20
2.
3.
Nilai sika
dikualifikasikan menjadi predikat sebagai berikut:
SB =Sangat Baik =80-100
B
= Baik = 70-79
C
= Cukup = 60-69
K = Kurang =<60
PENILAIAN
KETERAMPILAN
(OBSERVASI)
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester/Tahun : XI MIA/1/2018
Sub
Materi : Gaya
Gravitasi antar Partikel
No.
|
Nama
Siswa
|
Kinerja
presentasi/bertanya/menanggapi
|
Jlh
Skor
|
Nilai
|
Predikat
|
|
Visualisasi
|
Konten
|
|||||
Rubrik
Peniliain Keterampilan Presentasi
Aspek
|
Skor
|
Indikator
|
Visualisasi
|
4
|
Presentasi/bertanya/menanggapi
dengan bahasa yang jelas dan lancar serta menggunakan gestur
|
3
|
Presentasi/bertanya/menanggapi
dengan bahasa yang jelas dan lancar tanpa menggunakan gestur
|
|
2
|
Presentasi/bertanya/menanggapi
dengan bahasa yang tidak jelas dan lancar serta menggunakan gestur
|
|
1
|
Presentasi/bertanya/menanggapi
dengan bahasa yang tidak jelas dan lancar serta tidak menggunakan gestur
|
|
Konten
|
4
|
Tepat,
jelas, dan lengkap
|
3
|
Tepat,
jelas, dan tidak lengkap
|
|
2
|
Tepat,
tidak jelas, dan tidak lengkap
|
|
1
|
Salah,
tidak jelas, dan tidak lengkap
|
Keterangan:
1. Skor
maksimal = 2x4 =8
2.
3. Nilai
keterampilan dikualifikasikan menjadi predikat sebagai berikut
SB = Sangat Baik =80-100
B = Baik =
70-79
C = Cukup =
60-69
K = Kurang =<60
Komentar
Posting Komentar