Nama jurnal : Edu-Sains
Penulis : Delismar
Vol/ tahun : Vol. 1, No. 1 /2012
Nama paper :
Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Numbered Head Together Dengan Pemberian Reward di SMP Negeri 5 Kota Jambi.
- · topik
menerapkan
Numbered Head Together Dengan
Pemberian Reward di SMP Negeri 5 Kota
Jambi untuk meningkatkan hasil belajar Fisika.
- · Permasalahan
Kurangnya
aktivitas siswa dan rendahnya hasil belajar yang dapat dilihat dari hasil
rata-rata nilai ulangan semester IPA pada semester ganjil yang masih banyak
dibawah nilai 70. Hal tersebut antara
lain disebabkan oleh faktor guru dalam menerapkan strategi pembelajaran.
Sebagian guru belum bisa mengembangkan kreativitas siswa dalam belajar dan
kurang optimal dalam melibatkan siswa pada pembelajaran. Bahkan siswa sering
mendapatkan komentar negatif dalam pembelajaran, sehingga siswa mengalami
kemandekan dalam belajar serta membuat siswa merasa tidak bekembang aspirasinya
dan merasa tidak berharga.
- · Variabel
Variabel
bebas pada penelitian ini adalah hasil belajar fisika dan variabek terikat
adalah pendekatan Numbered Head Together.
- · Sampel
Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMPN 5 Kota Jambi, dengan jumlah siswa
sebanyak 40 orang.
- · pengumpulan data
alat
pengumpulan data pada ranah kognitif berupa tes objektif dan essay sedangkan
pada aspek afektif dan psikomotor berupa lembar pengamatan.
- · analisis data
analisis
data dilakukan terhadap hasil observasi mengenai aktivitas belajar siswa dan
data mengenai hasil belajar siswa pada masing-masing siklus. Sedangkan proses
perhitungan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pemberian tes pada
tahap ecvaluasi dilakukan dengan perhitungan.
- · Hasil
Penelitian
ini dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Sebelum siklus dimulai peneliti menggunakan metode kerja kelompok yang
konvensional. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal hanya 47,5 %. Proses
pembelajan berlangsung membosankan, tidak menumbuhkan kreativitas siswa,
pemberontakan batin siswa yang ditandai dengan ada beberapa siswa yang tidak
mau tahu dengan tugasnya sebagai anggota kelompok. Pada siklus I terjadi
peningkatan 17,5%. Pada siklus II
terjadi peningkatan sebesar 18%. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil
belajar siswa dari 66% pada siklus I menjadi 84 %.
- · Kesimpulan
Dari
pembahasan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan numbered head together dan pemberian reward dapat meningkatkan hasil belajar
Fisika, baik aspek kognitif, aspek afektif, maupun aspek psikomotor di kelas
VII B SMP Negeri 5 Kota Jambi. Terkait dengan pembelajaran cooperative learning guru disarankan untuk merancang dan
menciptakan suasana belajar yang kondusif, menggunakan model pembelajran yang
menarik, dan memberikan penghargaan (reward)
kepad siswa.
Komentar
Posting Komentar