Nama jurnal : Prosiding Seminar Nasional Fisika dan
Pendidikan Fisika (SNFPF) ke-6
Penulis : Haru Satria, Jeffry Handhika
Vol/ tahun : Vol. 6 No. 1/ 2015 ISSN: 2302-7827
Nama paper :
Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Berbasis Scientific Approach Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi
Termodinamika
- · Topik
Untuk
mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada pelajaran fisika setelah
diterapkan pembelajaran dengan menggunakan modul berbasis scientific approach bermuatan pendidikan karakter materi
termodinamika pada siswa kelas XII IPA 3 MAN 2 Madiun.
- · Permasalahan
Permasalahan
pada pengajaran fisika dan minat belajar
siswa yang berkategori sedang dalam pembelajaran fisika.
- · Variabel
Variabel
bebas pada penelitian ini adalah minat belajar dan variabel terikatnya adalah Scientific Approach.
- · Sampel
Sampel
pada penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas XI IPA 3 MAN 2 Madiun.
·
pengumpulan data
pengumpulan
data menggunakan angket minat belajar siswa dan lembar observasi.
- · analisis data
analisis
data angket menggunakan skala likert.
- · Hasil
Hasil
dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa selama 1
siklus terjadi peningkatan minat belajar siswa setelah menerapkan pembelajaran
menggunakan modul berbasis scientific
approach bermuatan pendidikan karakter materi termodinamika. Hasil
penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa skor angket minar belajar
siswa meningkat dari rata-rata 61,87 pada pra siklus menjadi 76,37 setelah
siklus I. Sedangkan minar belajar siswa secara klasikal meningkat dari 13,33%
menjadi 80%. Pada penelitian ini siswa telah memenuhi target minat belajar
apabila telah mencapai kriteria minat belajar secara individu sebesar ≥80%
(tinggi) dan secara klasikal telah memenuhi target apabila minat belajar siswa
telah mencapai ≥ 80% (tinggi).
- · Kesimpulan
Penggunakan
modul berbasis scientific approach
bermuatan pendidikan karakter materi termidunamika pada siswa kelas XI IPA 3
MAN 2 Madiun dapat meningkatkan minat belajar siswa baik secara individu maupun
secara klasikal. Berdasarkan pada uji-t yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
pembelajaran menggunakan modul berbasis scientific
approach bermuatan pendidikan karakter memberikan efek yang signifikan
terhadap peningkatan minat belajar siswa.
Komentar
Posting Komentar