Penelitian Tindakan (Lesson Study)
Lesson study
adalah model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian
pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip
kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar.
Menurut Stryler dan Hibert, Lesson study adalah suatu proses kolaboratif pada sekelompok guru ketika mengidentifikasikan masalah pembelajaran, menrancang suatu skenario pembelajaran yang meliputi kegiatan mencari buku dan artikel mengenai topik yang akan diajarkan; membelajarkan peserta didik sesuai dengan skenario (salah seorang guru melaksanakan pembelajaran sedangkan yang lain mengamati), mengevaluasi dan merevisi skenario pembelajaran, membelajarkan lagi skenario pembelajaran yag telah direvisi, mengevaluasi lagi pembelajaran dan membagikan hasilnya dengan guru-guru lain (mendiseminasikannya).
Dari pernyataan diatas maka dapat
disimpulkan bahwa Lesson Study adalah
sebuah model pembinaan guru dalam meningkatkan kinerja guru yang dilakkan
secara kolaboratif oleh sekelompok guru demi mewujudkan kinerja guru kearah
yang lebih baik lagi.
Manfaat
Lesson Study
1. Menciptakan
suasana keakraban dan kekeluargaan antar sesama guru
2. Memberi
peluang bagi guru untuk memecahkan berbagai masalah dan menciptakan siklusnya secara
bersama-sama serta saling bertukar pengalaman
3. Memberikan
kesempatan bagi guru untuk dapat membuat perencanaan pembelajaran secara
bersama-sama dan mempraktekan hasil kerjanya
4. Membuat
guru menjadi lebih profesional dalam mengajar sehingga menciptakan suasana
belajar yang kondusif bagi peserta didik sebagai tujuan menelurkan para peserta
didik yang terbaik demi masa depan Indonesia.
Pelaksaan
Lesson Study
1. Plan
Pada
tahap ini berlangsung diskusi secara intensif, dalam diskusi ini dilakukan
pemilihan guru model dan pembuatan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh
seluruh peserta lesson study.
2. Do
Pada
tahap ini semua perencanaan yang telah dirancang pada tahap plan dipraktikkan
oleh guru model dan guru lain berperan sebagai observer untuk mengamati
kegiatan pembelajaran yang dipraktikkan oleh guru model.
3. See
Pada
tahap ini seluruh peserta lesson study
membentuk forum diskusi yang dipimpin oleh seorang moderator, dimana setelah
kegiatan dibuka oleh moderator dilanjutkan dengan penyampaian kesan oleh guru
model saat melakukan kegiatan pembelajaran pada tahap do. Guru lain yang
bertugas sebagai observer juga menyampaikan hasil pengamatan mereka terhadap
kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru model. Masalah yang ada
dipecahkan secara bersama-sama, dan solusinya dipakai sebagai bahan masukkan
untuk pembelajaran setiap guru di masing-masing sekolah tempat mereka bertugas
dan itu diartikan sebagai tahap tindaklanjut dari kegiatan lesson study.
Komentar
Posting Komentar