Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
Sekolah merupakan
lembaga formal yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi
individu, baik potensi fisik maupun psikis. Public relations atau humas adalah
fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan
bermanfaat antara organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau
kegagalan organisasi tersebut.
Hubungan masyarakat
pada dasarnya bertujuan menciptakan dan mengembangkan persepsi citra positif
sekolah di masyarakat. Menurut Abdurrahman (Suryosubroto,2012:12) bahwa
hubungan masyarakat adalah kegiatan untuk menanamkan dan memperoleh pengertian,
dukungan, kepercayaan, serta penghargaan pada khususnya dan masyarakat pada
umumnya. Pentingnya pendidikan menjadikan kerjasama sekolah dengan masyarakat
sebagai kebutuhan dasar. Kerjasama tersebut dimaksudkan demi kelancaran pendidikan
di sekolah pada umumnya dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada
khusus.
Seiring perkembangan
dunia pendidikan saat ini, persaingan antara sekolah sangat terbuka. Kualitas yang
dimiliki setiap lembaga pendidikan dibutuhkan untuk mengembangkan segala hal
yang lama menjadi sebuah lembaga pendidikan yang unggul dengan memiliki nilai
kualitas tinggi. Lembaga pendidikan wajib untuk bisa membaca sebuah situasi
yang nyata dan jelas di setiap waktu dan suasana. Selain itu sekolah juga harus
dapat memberi citra yang baik agar dapat menjalin hubungan baik dengan
masyarakat. Sehingga sekolah diminati oleh masyarakat.
Manajemen humas
di sekolah mencakup dari segi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan
usaha-usaha pencitraan sekolah. semua langkah tersebut perlu dimanajemen dengan
baik agar terjadi hubungan yang relevan dan berkesinambungan antara langkah
satu dengan langkah yang lain.
Berdasarkan penelitian,
maka dapat dalam perencanaan kegiatan sekolah yang berhubungan dengan humas
adalah:
a) Perencanaan kegiatan sekolah melibatkan
humas sekolah dan semua pengelola sekolah
b) Dalam kegiatan perencanaan lebih detail
dan spesifik serta memperhatikan dukungan dan hambatan yang mungkin terjadi
dalam pelaksanaan
c) Media yang digunakan dalam penyampaian
informasi kegiatan sekolah harus terdapat jangka waktu untuk memperbaharui
informasi.
Evaluasi hubungan masyarakat dalam upaya peningkatan
pencitraan sekolah adalah berupa:
a) Dilakukan sesuai standart pelayanan
sekolah yaitu pelayanan tamu dan pelayanan komplain
b) Evaluasi dilakukan oleh pihak ekternal
sekolah dari tim audit pusat dan pihak internal sekolah secara rutin dalam
periode tertentu
c) Setiap tamu yang datang di minta
memberikan feedback untuk masukan
kinerja humas.
Usaha-usaha peningkatan hubungan masyarakat dengan sekolah
dalam uoaya peningkatan pencitraan di sekolah, antara lain:
a) Peningkatan penyampaian informasi pada
masyarakat
b) Peningkatan penyampaian informasi
dilakukan dengan cara selalu memperbaharui sarana informasi pada masyarakat
yang sudah dimiliki sekolah seperti majalah sekolah, website sekolah, maupun
media informasi atau sarana informasi lain sehingga masyarakat dapat mengetahui
agenda sekolah dalam melakasanakan visi dan misi sekolah.
Sumber:
Harini, Nur Ira. 2014. Manajemen
Hubungan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah.jurnal
inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 4
Komentar
Posting Komentar