Peserta didik adalah subjek utama dari suatu proses pendidikan, Pendidik merupakan penggerak adanya proses belajar mengajar, maka dari itu peserta didik dan pendidik harus bekerja sama dalam mencapai tujuan pendidikan. Akan tetapi banyak anak-anak yang mengalami masalah pada saat mengikuti proses pembelajaran, misalnya bosan. Kebosanan yang dihadapi anak-anak ini dapat memicu permasalahan yang lebih serius berdasarkan pengalaman yang saya rasakan kebosanan itu muncul karena apa yang disampaikan oleh guru tersebut tidak bisa dimengerti. Masalah ini berada pada cara penyampaian guru yang tidak menarik sehingga peserta didik cepat merasa bosan. Masalah ini dapat diatasi dengan mudah yakni menyesuaikan media apa yang menarik minat siswa sehingga memunculkan antusiasme dalam belajar. Sebagai contohnya membuat komik, poster, ataupun kartun. Terlebih lagi pada pelajaran fisika yang lumayan sulit dipahami siswa, maka guru fisika sebagai pendidiknya harus berperan aktif dalam membuat dan menggunakan media yang sesuai dengan minat siswanya.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wandhakusuma/media-belajar-menarik-siswa-tertarik_55546fceb67e616118ba54f6
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wandhakusuma/media-belajar-menarik-siswa-tertarik_55546fceb67e616118ba54f6
Masalah ini berada pada
cara penyampaian ilmu pengetahuan yang tidak menarik, sehingga siswa
pun mudah merasa bosan. Kebanyakan guru kurang meningkatkan
kreativitasnya sehingga cara mengajarnya pun juga stagnan dan jarang
untuk berubah. Guru jaman dahulu juga merasa bahwa dengan cara yang
klasik saja ia bisa mengajar, tetapi kurang memikirkan dampak untuk
siswa mode jaman sekarang.Masalah ini juga sebenarnya mempunyai solusi
yang simpel dan mudah dilakukan oleh pendidik yaitu guru atau pendidik
mulai menggunaan media pembelajaran yang menarik sebagai sarana
pembelajaran yang cocok untuk siswa. Dengan menggunakan media yang
menarik akan memudahkan anak untuk memahami maksud dari materi yang akan
disampaikan. Serta guru pun juga bisa mengembangkan ide ide kreatifnya.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wandhakusuma/media-belajar-menarik-siswa-tertarik_55546fceb67e616118ba54f6
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wandhakusuma/media-belajar-menarik-siswa-tertarik_55546fceb67e616118ba54f6
Masalah ini berada pada
cara penyampaian ilmu pengetahuan yang tidak menarik, sehingga siswa
pun mudah merasa bosan. Kebanyakan guru kurang meningkatkan
kreativitasnya sehingga cara mengajarnya pun juga stagnan dan jarang
untuk berubah. Guru jaman dahulu juga merasa bahwa dengan cara yang
klasik saja ia bisa mengajar, tetapi kurang memikirkan dampak untuk
siswa mode jaman sekarang.Masalah ini juga sebenarnya mempunyai solusi
yang simpel dan mudah dilakukan oleh pendidik yaitu guru atau pendidik
mulai menggunaan media pembelajaran yang menarik sebagai sarana
pembelajaran yang cocok untuk siswa. Dengan menggunakan media yang
menarik akan memudahkan anak untuk memahami maksud dari materi yang akan
disampaikan. Serta guru pun juga bisa mengembangkan ide ide kreatifnya.
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wandhakusuma/media-belajar-menarik-siswa-tertarik_55546fceb67e616118ba54f6
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wandhakusuma/media-belajar-menarik-siswa-tertarik_55546fceb67e616118ba54f6

Komentar
Posting Komentar