Langsung ke konten utama

Komik Fisika

Peserta didik adalah subjek utama dari suatu proses pendidikan, Pendidik merupakan penggerak adanya proses belajar mengajar, maka dari itu peserta didik dan pendidik harus bekerja sama dalam mencapai tujuan pendidikan. Akan tetapi banyak anak-anak yang mengalami masalah pada saat mengikuti proses pembelajaran, misalnya bosan. Kebosanan yang dihadapi anak-anak ini dapat memicu permasalahan yang lebih serius berdasarkan pengalaman yang saya rasakan kebosanan itu muncul karena apa yang disampaikan oleh guru tersebut tidak bisa dimengerti. Masalah ini berada pada cara penyampaian guru yang tidak menarik sehingga peserta didik cepat merasa bosan. Masalah ini dapat diatasi dengan mudah yakni menyesuaikan media apa yang menarik minat siswa sehingga memunculkan antusiasme dalam belajar. Sebagai contohnya membuat komik, poster, ataupun kartun. Terlebih lagi pada pelajaran fisika yang lumayan sulit dipahami siswa, maka guru fisika sebagai pendidiknya harus berperan aktif dalam membuat dan menggunakan media yang sesuai dengan minat siswanya.



Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wandhakusuma/media-belajar-menarik-siswa-tertarik_55546fceb67e616118ba54f6


Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wandhakusuma/media-belajar-menarik-siswa-tertarik_55546fceb67e616118ba54f6
Masalah ini berada pada cara penyampaian ilmu pengetahuan yang tidak menarik, sehingga siswa pun mudah merasa bosan. Kebanyakan guru kurang meningkatkan kreativitasnya sehingga cara mengajarnya pun juga stagnan dan jarang untuk berubah. Guru jaman dahulu juga merasa bahwa dengan cara yang klasik saja ia bisa mengajar, tetapi kurang memikirkan dampak untuk siswa mode jaman sekarang.Masalah ini juga sebenarnya mempunyai solusi yang simpel dan mudah dilakukan oleh pendidik yaitu guru atau pendidik mulai menggunaan media pembelajaran yang menarik sebagai sarana pembelajaran yang cocok untuk siswa. Dengan menggunakan media yang menarik akan memudahkan anak untuk memahami maksud dari materi yang akan disampaikan. Serta guru pun juga bisa mengembangkan ide ide kreatifnya.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wandhakusuma/media-belajar-menarik-siswa-tertarik_55546fceb67e616118ba54f6
Masalah ini berada pada cara penyampaian ilmu pengetahuan yang tidak menarik, sehingga siswa pun mudah merasa bosan. Kebanyakan guru kurang meningkatkan kreativitasnya sehingga cara mengajarnya pun juga stagnan dan jarang untuk berubah. Guru jaman dahulu juga merasa bahwa dengan cara yang klasik saja ia bisa mengajar, tetapi kurang memikirkan dampak untuk siswa mode jaman sekarang.Masalah ini juga sebenarnya mempunyai solusi yang simpel dan mudah dilakukan oleh pendidik yaitu guru atau pendidik mulai menggunaan media pembelajaran yang menarik sebagai sarana pembelajaran yang cocok untuk siswa. Dengan menggunakan media yang menarik akan memudahkan anak untuk memahami maksud dari materi yang akan disampaikan. Serta guru pun juga bisa mengembangkan ide ide kreatifnya.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/wandhakusuma/media-belajar-menarik-siswa-tertarik_55546fceb67e616118ba54f6

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUPOKSI Laboran dan Teknisi

Berikut adalah tugas pokok dan fungsi kepala laboratorium, laboran dan teknisi. Tugas-tugas ini berdasarkan lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2008 tanggal 11 Juni 2008  TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA LABORATORIUM FUNGSI TUGAS 1.      Merencanakan kegiatan dan pengembangan laboratorium a.       Menyusun rencana pengembangan laboratorium b.      Merencanakan pengelolaan laboratorium c.       Mengembangkan sistem administrasi laboratorium d.      Menyusun Prosedue Operasi Standar (POS) kerja laboratorium 2.      Mengelola kegiatan laboratorium a.       Mengkoordinasikan kegiatan praktikum b.      Menyusub jadwal kegiatan laboratorium c.       Memantau ...

Review Jurnal PTK 1: Upaya meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa

Nama Jurnal     : Jurnal inovasi dan Pembelajkran Fisika Penulis               : Wahid Gunarto, Nurul Hidayah Vol/tahun           : Vol. 1 No. 1/ Mei 2018 Nama Paper  : Upaya meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa pada materi pembelajaran alat-alat optik melalui pendekatan sains teknologi masyarakat di kelas VIII SMPN 3 Belitang Madang Raya.

Simbol Keselamatan Kerja

Gambar diatas adalah simbol-simbol yang umumnya ada di laboratorium. Simbol ini harus diperhatikan dan dipahami supaya Anda mengetahui bahaya yang ada pada suatu benda atau zat kimia. Berikut adalah penjelasan simbol-simbol tersebut. Animal hazard adalah bahaya yang berasal dari hewan. Mungkin saja hewan itu beracun karena telah disuntik bermacam-macam zat hasil eksperimen atau dapat menggigit dan mencakar Anda. Sharp instrument hazard adalah bahaya yang berasal dari benda-benda yang tajam. Benda itu jika tidak digunakan dengan benar maka dapat melukai Anda. Heat hazard adalah bahaya yang berasal dari benda yang panas. Tangan Anda akan kepanasan jika menyentuh benda tersebut dalam keadaan aktif atau menyala. Glassware hazard adalah bahaya yang berasal dari benda yang mudah pecah. BIasanya berupa gelas kimia. Chemical hazard adalah bahaya yang berasal dari bahan kimia. Bisa saja bahan kimia itu dapat membuat kulit kita gatal dan iritasi. Elect...